Translate

Minggu, 05 Mei 2013





Memories of My Sensei, Chojun Miyagi (Master of GojuRyu Karate-do)
oleh Genkai Nakaima
Diterjemahkan oleh Sanzinsoo


Keterangan: Ini adalah bagian dari artikel asli , Chojun Miyagi Master Karate kebaikan-Nya tak terhingga Beliau membabarkan moralitas." ditulis oleh Mr Genkai Nakaima yang muncul di majalah bulanan lokal "Aoi Umi" No 70 Februari 1978 edisi (halaman 99-100) diterbitkan oleh Aoi Umi Shuppansha. Itu edisi khusus menampilkan karate Okinawa master. Majalah ini sudah dihentikan. saya hanya menterjemahkan sebagian dari artikel.


Hari ittu musim semi tahun 1923, saya berusia 15 tahun, ketika saya mengatakan kepada ayah saya bahwa saya akan belajar karate dari Sensei Miyagi. Dia berkata kepada saya "Ini bagus jika Anda belajar dari Bushi Miyagushiku (= Miyagi Master Karate)!" dan memberi saya izin. Pada saat itu Miyagi Sensei sudah terkenal karate, sehingga ayah saya pikir dia adalah guru yang ideal bagi saya.

Kami, orang Kumemura masyarakat di Okinawa, bangga keturunan Cina. Kami percaya nenek moyang kita datang dari Cina ke Okinawa, jadi kami sangat dihormati tidak hanya seni sastra Cina, tetapi juga seni pertempuran. Seperti seni sastra, kami mendirikan sekolah, "Meirindo" yang adalah sesuatu seperti sebuah perguruan tinggi saat ini, dimana pemuda dididik. Seperti untuk memerangi seni seperti karate dan Bo (= pertempuran staf), saya pikir kami berlatih secara individual sesuai dengan masing-masing kekuatan fisik dan kondisi lain.

Menurut sebuah program dari festival budaya di "Meirindo" sekolah, ada pertunjukan dari Bo (= pertempuran staf), Tesshaku atau Tiechi (= Sai), "Sesan", "Chishokin", "Tohai" dan "Suparinpe". Kebanyakan pertunjukan karate adalah sama dengan apa Miyagi Sensei telah mengajar kami.

Nah, pelajaran oleh Sensei Miyagi dimulai. Kami memiliki pelajaran tiga kali seminggu, Senin, Rabu dan Jumat, setelah sekolah dari 15:00 sampai 20:00 di rumah Miyagi sensei, bukan di Dojo (= ruang pelatihan) seperti hari ini. Beberapa waktu kemudian, quitted teman sekelas saya, Bunshun Tamagusuku yang paman adalah karateka Jin-an Shinzato terkenal, jadi tetap tiga anggota: Tatsutoku Sakiyama yang keluarganya nama pada waktu itu adalah Senaha, Kiju Nanjo yang keluarganya namanya Azama pada waktu itu, dan saya sendiri .

Proses pelatihan kami terdiri dari latihan persiapan, latihan tambahan dan gerakan kaki Sanchin.

Menurut penjelasan Miyagi Sensei tentang latihan persiapan, dengan melakukan latihan fisik, kita dapat mempersiapkan diri untuk pelatihan karate formal seperti Sanchin dan olahraga Kata lainnya. Ia juga memiliki unsur sebagai pemanasan.

Arti lain dari latihan persiapan adalah membangun kekuatan fisik kita dengan melatih semua otot yang diperlukan sehingga kita dapat menggunakan otot dalam situasi apapun. Singkatnya, kita membangun tubuh karate dengan latihan persiapan.

Latihan tambahan adalah semacam pelatihan terutama untuk belajar komponen teknis dasar Kata. Ini membantu kita untuk memahami ilmu pengetahuan dan logika karate, dan pada saat yang sama, keterampilan kita karate akan dibuat dengan pengembangan kemampuan atletik dan kekuatan fisik.

Dengan cara ini, kita bisa meletakkan dasar bagi karate dengan melakukan latihan persiapan dan latihan tambahan.

Miyagi Sensei mengatakan kepada kami berbagai cerita selama dua atau tiga jam setelah latihan usai.

Topik cerita tidak hanya hal teknis karate tetapi juga urusan dunia umum, situasi sekarang lingkaran karate, asal karate, sikap belajar ke arah karate dan Buddhisme, karate dan Okinawan seni pertunjukan tradisional, dan sebagainya.

Pada saat itu kami hanya anak laki-laki SMP SMA, tapi Miyagi Sensei diberitakan kepada kita tentang kebenaran karate, jiwa karate master, Jalan karate, yaitu Jalan pria atau moralitas. Saya masih ingat wajah cerah dengan mata tajam yang saya temukan cinta karate master sejati dan kebaikan. Sekarang saya akan memberitahu Anda beberapa kata-kata Miyagi sensei sebagai berikut.

"Jika Anda berlatih Sanchin hanya sepanjang hidup Anda, Anda tidak harus berlatih setiap Kata lainnya. Sanchin sangat penting dan penting."

Suatu hari saya bertanya kepadanya, "Berapa kali Anda berlatih Sanchin untuk berpikir bahwa Anda melakukan dengan baik?" Dia menjawab, "Saya pikir saya melakukan Sanchin baik hanya sekali keluar dari 30 kali praktek." Saat itu ia masih muda, berusia 34 atau 35 tahun. Kata-katanya masih mengesankan bagi saya.

"Posisi tangan pada akhir dari Sanchin adalah sama dengan patung Buddha." Miyagi Sensei sering menceritakan kisah ini. Saya pikir posisi tangan di akhir dari Sanchin adalah ekspresi paling indah berdoa. Bahkan saya melihat posisi tangan yang sama patung Buddha di beberapa kuil.

"Goju adalah pohon willow tertiup oleh angin kencang," kata Miyagi Sensei. Angin kencang berhembus pohon willow. Willow tidak pernah menolak angin, hanya tetap pasif, tetapi tidak akan pernah rusak atau hancur. Dengan cara ini kita mengambil keuntungan dari aliran kekuatan lawan. Ini adalah rahasia dari seni yang kita harus menguasai melalui praktek.

Saya pikir itu adalah 1926 ketika Rapat Athletic Nasional diselenggarakan di Taman Outer dari Kuil Meiji, Tokyo. Murid Miyagi sensei, Jin-an Shinzato berpartisipasi dalam Rapat untuk melakukan karate sebagai seni pertempuran klasik. Saat itu ia tiba-tiba bertanya oleh pejabat Rapat, "Apa nama gaya Anda?" kemudian dia menjawab "gaya Goju-ryu." Selanjutnya dia menjelaskan hal ini ke Miyagi Sensei Sensei Miyagi dan menyetujuinya. Sejak itu kami menyebut diri Goju-ryu.

Aku bertanya, "Sensei, apakah Anda memiliki mata di belakang kepala Anda? Mereka mengatakan bahwa bahkan jika kita mengikuti Anda diam-diam dan diam-diam, Anda segera melihat kami dan berbalik cepat untuk menemukan kami." Miyagi Sensei menjawab, "Tidak ada orang yang memiliki mata di belakang kepalanya. Namun, ketika aku berjalan di sepanjang jalan, dalam beberapa kasus, saya merasakan sesuatu yang aneh. Saya pikir itu adalah apa yang disebut indra keenam."

Kita harus selalu berhati-hati ketika kita beralih di sudut jalan, berjalan di sepanjang jalan hujan dan memanjat dan menuruni sebuah tangga dll Ini akan menjadi berguna untuk pertahanan diri jika kita telah berlatih karate cukup keras dan terbiasa berhati-hati . Sebagai hasil dari pelatihan lama karate, kita bisa memperoleh apa yang disebut indra keenam dan bisa melihat jika seseorang mengikuti.

"Mempelajari karate saat ini adalah seperti berjalan dalam gelap tanpa lentera. Kita harus meraba-raba dalam gelap." kata Miyagi Sensei. Dia juga mengatakan kepada saya, "Ada begitu banyak hal dalam karate yang tidak masuk akal dan ada banyak hal yang saya tidak mengerti. Karena itu, sementara grand master kita masih hidup, kita harus melihat mereka dan mengajukan banyak pertanyaan. I pikir itu masih sangat sulit untuk menemukan jawaban bahkan jika kita melakukannya. " Saya pernah pergi bersamanya ke rumah grand master, Chomo Hanashiro Sensei dan Itosu-No-Tanmee (= Itosu Master Lama) untuk mendengar cerita karate mereka
Poskan Komentar